Sukses Lewat Komunikasi (untuk promosi, bisnis dan kebahagian anda )

Setiap hari kita berkomunikasi. Komunikasi seperti halnya dengan keterampilan lainnya; ia mempunyai rahasia-rahasia tertentu. Itulah sebabnya komunikasi yang kelihatannya sangat mudah dilakukan oleh seseorang, tetapi merupakan suatu misteri bagi orang lain.
Pandai berkomunikasi merupakan keahlian yang sangat menguntungkan yang tak terduga menanti anda. Anda dapat memperoleh sesuatu yang terbaik yang anda inginkan. Anda dapat merintis karier hingga ke jejnjang sukses.
Bila anda dapat berkomunikasi dengan orang-orang dari segala lapisan masyarakat dan penuh keyakinan diri, maka kesuksesan anda sudah di ambang pintu. Yang perlu di perhatikan oleh anda untuk sukses lewat komunikasi adalah sebagai berikut :

1. Simaklah Pembicaraan
Menurut hasil penelitian , lebih sulit mendengarkan dari pada berbicara. kecepatan kata-kata adalah 125 kata per menit, sedangkan proses berpikir paling sedikit empat kali lebih cepat. Dengan kata lain dalam kurun waktu yang sama seseorang mengucapkan 100 kata, anda mempunyai kapasitas mendengarkan 400 kata. Jelaslah bahwa terdapat waktu luang untuk berpikir dan inilah pangkal persoalannya.
Menyimak pembicaraan tidak berarti membiarkan begitu saja gelombang suara memasuki telinga, tetapi anda harus ikut waspada dan aktif. Jangan hanya mendengarkan apa yang ingin anda dengar atau dengan mudah pikiran anda hanyut oleh suasana. Mulailah mendengarkan orang lain, bukan dari sudut pandang anda sendiri atau dari kacamata anda, tetapi sudilah memahami dan menerima mereka apa adanya. Inilah konsep dasar untuk menyimak pembicaraan dan kami anjurkan ke pada siapa saja yang ingin menjadi komunikator yang efektif.
Rata-rata orang hanya dapat menyerap 30 persen dari yang ia dengar dan seminggu kemudian ia hanya mengingatnya sepuluh persen. Belajar mengorganisasikan cara mendengarkan yakni memahami apa yang ingin anda dengarkan dan memberi anda kontrol lebih lanjut. Anda dapat meningkatkan kemampuan menyerap pembicaraan lebih dari 30 persen. Cobalah.........
2. Kunci kemenangan Terletak Pada " Nama "
Membuat seseorang merasa dihargai, baik dalam dunia bisnis maupun dalam kehidupan sehari-hari, merupakan komunikasi lisan terbaik. Mengingat nama orang lain, menghubungkan nama tersebut dengan hal-hal yang memudahkan pengingatan kembali serta mengucapkan ulang nama tersebut, merupakan tiga langkah utama untuk meningkatkan kesuksesan anda dalam segala situasi dan kondisi tiga bagian dari suatu keahlian dasar. Tetapi perlu diingat, bahwa yang paling penting adalah mendengarkan . Bila anda tidak jelas mendengarkan .  Bila tidak jelas mendengarkan sebuah nama, maka anda tidak akan dapat menghubungkan ataupun mengulanginya. Kunci kemenangan anda terletak pada nama.
3. Mendengarkan Untuk Tujuan Tertentu
Umumnya kita menghabiskan sebagian besar waktu untuk mendengarkan informasi, tetapi tidak membiasakan pikiran untuk ikut serta mendengarnya. Akibatnya kita tidak menyadari , apa yang kita dengar seharusnya kita simpan baik-baik. Dan bila suatu saat kita diperlukan ternyata telah hilang entah kemana. Kita tidak mengamankannya ketika masih ada kesempatan.
Wilson Mizer : " A good listener is not only popular everywhere, but after a while he gets to know something "
atinya : Pendengar yang baik tidak hanya mendengarkan hal-hal yang di senangi saja, tetapi setelah mendengar ia berusaha untuk memahaminya..
4. Informasi Yang Berarti
Tidak setiap saat kita memperoleh apa yang kita inginkan. Namun ada satu cara  yang memungkinkan anda memperoleh kesempatan untuk mewujudkan segala ide, rencana atau keinginan anda. Cara tersebut di kenal dengan teknik membebek . Membebek yaitu memperhatikan dan mendengarkan seseorang yang memberi informasi pada anda, lalu nyatakan dukungan anda padanya dan akhirnya memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengemukakan apa yang ingin anda katakan dengan dukungan dari orang tadi. Prinsipnya komunikasi adalah : bila anda memberikan dukungan pada seseorang maka orang tersebut akan mendukung pula pada anda. Semakin banyak sekutu yang anda peroleh, semakin banyak orang lain yang mau menerima ide anda.
Tunggulah kesempatan baik untuk mengemukakan gagasan anda, pada saat yang tepat dengan ucapan yang tepat pula. 
5. Jangan Terpengaruh Kata-kata Penuh Emosi
Kunci utama untuk mencegah orang lain mengendalikan diri dan perasaan anda yaitu menghindari menanggapi kata-kata emosional yang dilontarkan orang lain pada anda.
Dengan tidak terpengaruh kata-kata emosional anda mempunyai kemampuan untuk mengubah orang lain.
6. Perhatikan Berita Yang Terselubung
Dalam dunia bisnis , orang sering kali mengatakan sesuatu dengan makna bermacam-macam. Mereka mungkin mengatakan suatu berita terselubung pada anda, baik mereka sadari atau tidak. Dalam keadaan seperti ini, anda harus mengendalikan diri pada keahlian menyimak pembicaraan kemudian singkapkan berita terselubung tersebut.
Anda harus dapat menemukan berita terselubung di balik kata-kata memang bisa salah dalam mengartikan berita terselubung. Namun bila diri anda dapat mengendalikan diri dan menerapkan teknik ini tepat pada waktunya serta selalu memperhatikan dengan seksama berita yang terselubung maka anda memperoleh hasil yang luar biasa. Penghargaan orang terhadap anda akan semakin besar.
7. Jangan Terperangkap Oleh Pertanda Keliru
Anjing yang di kenal sebagai binatang piaraan, tidak dapat berkomunikaso dengan kata-kata. Bila kita berbicara padanya, ia akan menggoyang-goyangkan ekornya dan tidak dapat menafsirkan makna menggoyangkan ekor tersebut. Anjing tidak dapat berkata atau berdebat dengan kita. Namun di antara sesama anjing , mereka tahu bahwa ada perbedaan yang tajam. Bila dua ekor anjing saling mendekat dan mengibas-ngibaskan ekornya, mereka tahu bahwa kibasan ekor tersebut dapat diartikan salam hangat atau tantangan untuk berkelahi. Masing-masing anjing tersebut membuat penenilaianya sendiri-sendiri. Kadang-kadang merekasering juga salah dalam menilai dan akibatnya kehilangan kesempatan untuk memenangkan perkelahian. Kitapun sering mengartikan bahwa bila dua ekor anjing yang bertemu saling mengibaskan ekornya, berati mereka saling berteman. Kita terperangkap oleh pertanda yang salah. seringkali kita hanya menilai sesuatu dari apa yang tampak saja. Inilah pusat kesalahan kita.
Tak seorangpun dapat mengatakan pada anda apakah pertanda yang anda peroleh itu benar atau salah. Semuanya tergantung pada bagaimana cara anda menilai situasi dan orang-orang disekitar anda. Semakin sering anda memperhatikan dan mempelajari pertanda-pertanda yang keliru. Anada semakin ahli dalam menilai dan menangkap pertanda-pertanda yang keliru, anda semakin ahli dalam menilai dan menangkap pertanda untuk berkomunikasi secara efektif.
8. Bungkam Yang menguntungkan Apakah Itu ?
Umumnya kebungkaman atau keheningan mempunyai salah satu makna dari tiga pengertian yang ada yaitu :
Pendengar sedang membutuhkan waktu untuk mencerna kata-kata anda.
Pendengar sungguh-sungguh tidak mengerti apa yang anda bicarakan.
Pendengar membuat reaksi negatif terhadap pembicaraan anda.
Bila anda memecahkan kebungkaman terlebih dahulu, berarti anda telah kehilangan kontrol. 
Bungkambenar-benar merupakan alat komunikasi lisan yang ampuh, walaupun jarang di manfaatkan orang. Orang cenderung mengisi suasana bungkam yang terjadi. oleh karena itu bila anda bungkam, umumnya lawan bicara anda akan berbicara lebih dahulu. Siapa yang bicara dahulu, dialah yang akan kalah.
Pedoman untuk memanfaatkan kebungkaman dan cara mengendalikannya yaitu mengetahui kapan saatnya harus berbicara, karena hal itu sangat penting. 
9. Waspadai Terhadap Suasana Hati orang Lain
Kita semua sejak semula dapat merasakan suasana hati orang lain dan mendasarkan keputusan kita pada yang kita rasakan, baik itu disadari atau tidak. Dan umumnya hal itu benar. Namun berhati-hatilah dalam membuat suatu anggapan atau dugaan. 
Kesadaran dan kesensitifan anda merupakan kunci pokok untuk dapat menangani bermacam-macam situasi dalam bisnis atau kehidupan sehari-hari.
Janganlah anda terlalu cepat menilai suasana hati seseorang. Pertimbangkan segala kemungkinan yang ada. Menguap mungkin hanya berarti bahwa semalam tidurnya tidak nyenyak. Ekspresi wajah yang kesakitan mungkin juga karena ia sedang pening. Ia dapat tertawa bersama anda, tetapi tidak menertawakan anda. Yakinlah bahwa observasi anda benar-benar tepat, baru kemudian bertindak. Buatlah suatu keputusan bukan hanya penilaian yang dangkal. Memang hal itu tidak mudah dilakukan, namun anda tidak akan sia-sia.
10. Temukan Titik peka
Ada orang menginginkan kesehatan dan ada pula yang menginginlkan penghargaan, sementara ia ingin dianggap dermawan atau orang yang hangat, ramah dan kreatif dalam bisnis. Anda tidak perlu menjadi seorang ahli ilmu jiwa, yang anda perlukan yaitu sedikit pengertian tentang tingkah laku manusia.
Bila kita menyinggung titik peka yang negatif dari orang lain, maka orang tersebut tidak akan menerima dan kita tidak akan memperoleh apa yang kita inginkan. Tetapi bila kita menyinggung titik peka yang positif , maka  kita akan memperoleh apa yang kita inginkan.
11. Perhatikan Kata-kata Anda
Volume suara mempunyai pengaruh pada orang-orang yang anda ajak bicara. Aturlah volume suara anda dengan tepat. Ingatlah bahwa bisikan kadang-kadang lebih berpengaruh dari pada bentakan yang keras.
Berhati-hatilah dalam mengunakan volume suara, jangan membatasi diri pada satu volume saja, dan jangan pula mengganti volume suara tanpa tujuan tertentu, karena pengaruh anda pada orang lain akan hilang. Gantilah volume suara bila ingin memberi tekanan pada kata-kata yang anda ucapkan.
Setiap kali anda membuka mulut untuk berbicara, berarti anda telah mengambil resiko. Persiapan diri adalah penting, karena dapat menyelamatkan anda dari kegagalan dan rasa malu. Namun rasa humor sering kali bisa juga menjadi penyelamat keadaan.
Kesalahan umum yang sering terjadi dalam percakapan , yaitu berbicara melantur. agar terhindar dari hal itu maka sebaiknya memperhatikan hal- hal sbb :
Bicaralah secara singkat ( seperlunya )
Selesaikan satu pokok pemikiran, sebelum mulai membicarakan pokok pikiran lain.
Jangan mengulang-ulang pembicaraan.
Bila anda sedang berbicara, tanyalah pada diri sendir apa yang akan terjadi bila anda merendahkan atau menaikan volume suara anda. Tanyalah pada diri sendiri apakah suara anda terlalu keras, terlalu lembut atau terlalu datar. Apakah orang yang anda ajak bicara mengerti pembicaraan anda ? Apakah perubahan nada suara anda mempengaruhi maksud pembicaraan anda ? Apakah anda memberikan informasi yang saling bertentangan. 
12. Hindari Hal-hal Yang Tidak Bersangkutan
Bila seseorang menerangkan sesuatu pada anda lebih banyak dari pada y ang ingin anda ketahui atau anda dengar, maka akan sulit bagi anda ketahui atau anda dengar, maka amat sulit bagi anda untuk terus mencoba mendengarkannya.
Orang yang terbiasa menyelipkan hal-hal yang tidak bersangkutan dalam pembicaraan, akan menghambat kemanjuannya sendiri, khususnya dalam dunia bisnis.
Bila percakapan anda terkontrol dan berhasil menyingkirkan hal-hal yang tidak bersangkutan dalam pembicaraan, anda berhasil menjadi seorang komunikator yang efektif.
13. Peka Terhadap Kepentingan Orang Lain
Bila seseorang mendatangani anda untuk mengungkapkan masalah pribadinya janganlah memihak padanya. Cukup mendengarkan saja ,jangan menyela , mengeritik mendebat atau memberi nasihat kecuali bila pendapat anda di perlukan, nyatakanlah secara jelas,hati-hati, tulus, objektif, kemudian jangan berkata-kata lagi. Sesudah selesai mengungkapkan masalahnya, mereka umumnya akan kembali pada anda untuk mengucapkan terimakasih karena anda telah sudi menjadi pendengar yang baik pada saat mereka membutuhkan.
Walau demikian, tentu ada orang yang ingin memanfaatkan diri anda sebagai pendengar yang baik. Anda mungkin mendapatkan orang semacam ini begitu sering mengetuk pintu kantor , anda harus menetukan sikap, jangan biarkan orang tersebuta menganggu anda terus-menerus.
14. Seni Dalam Percakapan
Salah satu cara terbaik untuk memulai percakapan adalah dengan memperhatikan minat orang lain, karena dengan demikian akan memberi kesan bahwa anda adalah seorang yang dapat menghargai orang lain dan selalu menganggap oranglain itu menarik. Dengan memperhatikan minat anda pada mereka merasa senang. Anda telah memperoleh kesempatan untuk memimpin percakapan.
Cara termudah untuk memulai percakapan yaitu dengan memberikan pujian ( berdasarkan observasi ) pada lawan bicara anda . Tetapi perlu diingat, pujian tersebut harus tulus. Dengan cara demikian anda telah memperlihatkan rasa tertarik anda padanya dan membuat orang tersebut merasa senang. Kebanyakan orang merasa lebih enak bila percakapan berjalan tanpa mereka sadari dan kalimat demi kalimat meluncur dengan wajar.
Gemar membaca buku merupakan bagian dari kunci keberhasilan anda dalam berkomunikasi, juga merupakan salah satu cara terbaik untuk mempersiapkan percakapan yang spontan dan menarik.
Bila seseorang memulai percakapan tetapi anda benar-benar tidak dapat memahami pokok pembicaraan, janganlah bersikap berpura-pura. Bersikaplah terbuka dan terus terang. Katakanlah bila anda tidak mengerti atau tidak mempunyai gagasan atau tidak pernah mendengar pokok persoalan tersebut. keterusterangan memberi kesempatan pada anda untuk mendesak orang tersebut supaya berbicara terus, membiarkan ia membicarakan sesuatu yang benar-benar menarik hatinya. Tertarik pada pembicaraan orang lain, juga merupakan suatu pujian dan dalam hal ini anda tidak akan keliru untuk memberikan pujian.

Pustaka : Gloria Hoffman & Puline Graivier,Speak the Language Of Success, 2002/2003 Dahara Prize 

No comments:

Post a Comment